Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Sabhara Akan Rutin Kunjungi Poskamling

Kepala Satuan Sabhara Ajun Komisaris Hendro Raksono (tengah) bersama anggotanya saat mendatangi poskamling
 di Domas, Bugel, Sidorejo, kemarin (HARSEM/WAHYU WIJAYANTO-SM Network)
SALATIGA-Sebanyak dua unit polisi dari Satuan Sabhara Polres Salatiga tiap hari berpatroli ke beberapa tempat. Mereka bertigas mengantisipasi kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Masing-masing unit berjumlah lima personil mengendarai motor pengurai massa secara bergantian berpatroli ke poskamling, kantor perbankan, toko emas, perumahan, objek vital, dan tempat lainnya.

''Patroli kami lakukan setiap hari mulai sekitar dua pekan lalu. Tujuannya mencegah kejadian seperti pencurian kendaraan bermotor dan gangguan kamtibmas,'' tutur Kepala Satuan Sabhara Polres Salatiga Ajun Komisaris Hendro Raksono, kemarin.

Diungkapkan, patroli dilakukan pagi dan sore. Selain mendatangi objek-objek yang telah ditentukan, dalam setiap patroli polisi juga berdialog dengan warga membahas kemanan lingkungan masing-masing.

Untuk patroli di objek vital seperti Gardu Induk PLN, perumahan, dan kantor perbankan, polisi meminta petugas keamanan masing-masing meningkatkan kewaspadaan. Di perumahan misalnya, puncak kerawanan terjadi pada siang hari saat warga beraktifitas di luar rumah.

Sementara satpam kantor perbankan, polisi meminta agar petugas keamanan tersebut mencatat nomor polisi setiap kendaraan yang diparkir di depan kantor.

''Banyak kejadian misalnya terjadi penipuan, satpam kurang cermat mengingat orang-orang yang datang. Makanya kami minta mereka mencatat setiap nomor polisi kendaraan yang datang,'' ujar Hendro.

Berdasarkan patroli yang telah dilakukan, pihaknya mencatat beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Di antaranya terkait tingginya pencurian kendaraan bermotor karena keteledoran masyarakat memarkir kendaraannya sembarangan. Hal semacam itu terutama banyak ditemui di lingkungan kos-kosan.

''Harapan kami dan masyarakat tentu potensi tindak pidana semakin diminimalisir dengan kewaspadaan bersama,'' katanya.

Untuk kamtibmas, selain Satuan Sabhara yang berpatroli dengan kendaraan pengurai massa, fungsi-fungsi polisi lain seperti Satuan Pembinaan Masyarakat dan fungsi lainnya, saat ini bahu-membahu bersama masyarakat menjaga keamanan lingkungan masing-masing. (J21,H32-SM Network/nji)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]