Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Transaksi Biro Perjalanan Wisata Ditarget Naik 20%

Salah satu biro perjalanan wisata sedang melakukan transaksi paket wisata, belum lama ini.
SM/Fista Novianti
SEMARANG-Seiring adanya program wisata pemerintah Ayo Wisata ke Semarang serta Visit Jateng Year 2013, sejumlah biro jasa perjalanan wisata optimistis terjadi kenaikan transaksi sebesar 20% di tahun ini.

Ketua Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Jateng, Djuwahir mengatakan, beberapa biro jasa wisata di wilayah Jateng optimistis akan terjadi kenaikan transaksi 20% di tahun ini. Mengingat, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan program promosi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

''Sebagai pengusaha jasa biro wisata, beragam upaya kami lakukan untuk mencapai target transaksi yang diinginkan. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah produk in bound yaitu memperbanyak menjual paket wisata domestik dibanding mancanegara,'' katanya, kemarin.

Optimisme kenaikan transaksi didasari karena kota Semarang kini memiliki potensi untuk dijadikan destinasi wisata. Semula wisatawan hanya singgah sebentar di Kota Lunpia ini. Namun, belakangan sejumlah objek wisata Semarang mulai banyak dilirik. Misalnya, Sam Poo Kong, Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong, Lawang Sewu, Masjid Agung Jateng dan masih banyak lagi.

Belum lagi, kata Djuwahir, sejumlah maskapai penerbangan membuka rute baru dari dan menuju Kota Semarang. Seperti Garuda Indonesia yang membuka rute PP Semarang-Surabaya belum lama ini. Kemudian, Lion Air Semarang-Balikpapan dan masih banyak lagi. ''Kini akses menuju Semarang jadi lebih mudah. Sehingga, diyakini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Semarang,'' terang Djuwahir.

Selama 2012 lalu, penjualan tiket paket tour PT Inti Tour milik Djuwahir mengalami kenaikan 20% dibanding 2011 lalu. Tercatat, ada 20 kapal pesiar dari mancanegara yang memakai jasanya. Belum lagi, ada ratusan transaksi tujuan domestik serta pesanan paket wisata ke mancanegara.

Sementara, berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng menyebutkan, target kunjungan wisatawan domestik pada tahun ini mencapai 25 juta orang sedang wisatawan mancanegara sebanyak 500 ribu orang.

''Target sebesar itu optimis tercapai karena makin bertambahnya objek wisata andalan di Jateng seperti Museum Purbakala Sangiran, Pulau Karimunjawa, dan lainnya. Apalagi tahun ini ada sedikitnya telah terdaftar 125 even pariwisata siap digelar di beberapa daerah di Jateng, dan bahkan jumlahnya bisa meningkat hingga 150 gelaran,'' paparnya. (K14-SMNetwork/yul )

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]