Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Hari Raya Dewa Rezeki Percikan Air Membawa Berkah






SEMARANG-Gelar kesenian merayakan Hari Raya Dewa Jay Sin Ya atau Dewa Rezeki sudah menjadi tradisi setiap tahun Kelenteng Tong Pek Bio di Jalan Gang Pinggir No 70. Perayaan yang diadakan setiap tanggal 22 bulan 1 kalender Imlek itu, menampilkan berbagai kesenian, salah satunya tarian naga atau liong.

Gelar kesenian di atas panggung di halaman kelenteng, kemarin malam itu, disaksikan ratusan warga. Para penonton terlihat antusias sekali menyaksikan penampilan tari-tarian dari siswa sekolah Kuncup Melati, serta keterampilan anggota perkumpulan  wushu dan kesenian liong Naga Sakti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penampilan liong milik Naga Sakti ini menjadi tontonan menarik yang paling ditunggu.

Selain kemampuan menyemburkan angpau dari mulutnya, liong milik perkumpulan yang diketuai Aman Gautama Wangsa ini, satu-satunya yang juga mampu menyemburkan asap, api, dan air. Perkumpulan itu juga menampilkan liong lainnya, yaitu liong diamond dengan sisik berhias ribuan ''berlian'', liong fosfor, dan ultraviolet yang bisa mengeluarkan cahaya sinar pada malam hari.

Aksi diawali dari mulut liong menyemburkan asap berwarna putih sambil meliuk-liuk mengikuti irama musik yang ditabuh. Secara perlahan-lahan, asap yang keluar dari mulutnya berubah menjadi semburan api.
Setelah itu, berganti menyemburkan air dari mulutnya. Para penontonpun dari anak-anak sampai orang tua mengulurkan tangan untuk bisa mendapatkan percikan air tersebut.

Sebagian besar yang datang ingin mendapatkan percikan air Thiam, yaitu air yang sudah dimintakan berkah di altar kelenteng Tong Pek Bio selama seminggu. Siapa pun yang terkena percikan dari air berbau wangi itu, dipercayai mendapat berkah dan perlindungan dari Dewa.

Sebelum mengakhiri acara, dibagi-bagikan angpau kepada para warga yang menyaksikan acara itu. Angpau ini punya berkah tersendiri, bisa mendatangkan rezeki bagi yang menyimpannya. Biasanya disimpan di dompet. Dipercayai, dengan menyimpannya bisa memberikan rezeki melimpah.(B14/SMNetwork/hst)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]