Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bank Siapkan Uang Tunai Dua Kali Lipat

Petugas Bank Muamalat menyiapkan pasokan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri (ATM) saat Ramadan dan Lebaran, Rabu. SM/Fani Ayudea
SEMARANG - Perbankan mulai menyiapkan uang tunai untuk kebutuhan anjungan tunai mandiri (ATM) selama Ramadan dan Lebaran sebanyak dua kali lipat dari kebutuhan normal. Beberapa kantor cabang pembantu juga tetap buka saat libur memberikan layanan terbatas.
Kepala Cabang Bank Muamalat Semarang, Karsono mengatakan, pihaknya menyiapkan uang tunai hingga Rp 600 juta di tiap ATM saat Lebaran. Sementara saat Ramadan, uang tunai di tiap ATM disediakan sekitar Rp 400 juta. Jumlah ATM Bank Muamalat cabang Semarang yang saat ini memiliki 16 kantor cabang pembantu ada 53 unit, tersebar dari Cepu hingga Gombong.
"Pada hari-hari biasa, kebutuhan ATM setiap minggu hanya sekitar Rp 200 juta. Saat Lebaran kami menyiapkan lebih," kata Karsono di kantornya, kemarin.
Selain perbankan punya kewajiban memenuhi kebutuhan uang tunai saat Lebaran, kebutuhan uang tunai di ATM naik karena jumlah nasabah meningkat. Saat ini jumlah nasabah di wilayah Semarang mencapai 250.000.
Tahun lalu, kebutuhan uang tunai di ATM pada hari biasa sekitar Rp 150 juta, dan saat Ramadan hanya Rp 200 juta. Lalu saat Lebaran naik menjadi Rp 250 juta. Namun di beberapa titik seperti Indomaret, kebutuhan ditambah hingga Rp 300 juta. "Dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan kebutuhan uang tunai di ATM sebanyak dua kali lipat," ujarnya.
Stok uang baru di Bank Muamalat tahun ini mencapai Rp 10 miliar, lebih tinggi dari 2012 yang hanya Rp 7,5 miliar. Sampai dengan Selasa (23/7), penukaran uang baru telah mencapai Rp 7,5 miliar. "Uang baru tidak kami sertakan dalam ATM, karena kondisi kertas yang masih lengket, sehingga butuh dua kali kerja untuk pemisahan," ujarnya.
Untuk operasional kantor saat libur Lebaran, Bank Muamalat masih menunggu surat edaran dari Bank Indonesia. "Biasanya pada H-1 kami masih buka untuk layanan terbatas di teller," imbuhnya.
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Kanwil Semarang juga menyiagakan 881 ATM di seluruh Jateng dan DIY dan menambah stok uang dua kali lipat dari hari biasa. Beberapa kantor cabang tetap beroperasi pada 5-7 Agustus dengan layanan terbatas. "Saat Lebaran kami juga melayani pembayaran SPBU dan pajak," kata Pemimpin Wilayah PT BNI Wilayah Semarang Iwan Abdi.
Menurutnya, jumlah transaksi perbankan di ATM pada minggu kedua puasa ini telah naik 13% dari sebelumnya. BNI juga akan langsung menambah stok uang di ATM, bila stok tinggal 25%. "Kami juga menyedikan mobile banking di Tegal, Klaten, Kebumen," tuturnya.
Sementara itu Bank Bukopin Cabang Semarang juga menambah stok uang di ATM 15%-20% dari tahun lalu. Pemimpin Cabang, Bagir Assegaf mengatakan, jumlah ATM di wilayahnya ada 16 ATM. Pihaknya akan memenuhi kebutuhan uang tunai dan non tunai masyarakat.(SMNetwork-J8/yul)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]