Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Dilarang Buang Puntung Rokok Sembarangan di Gunung Merbabu

Danramil Getasan, Kapten Inf Jaswadi
HARSEM/HERU SANTOSO
SALATIGA – Jangan membuang punting rokok sembarang di kawasan yang rentan kebakaran, termasuk di Gunung Merbabu!

Musim kemarau sekarang ini, membuat kawasan Gunung Merbabu selalu menjadi serbuan para pendaki gunung. Untuk itu, para pendaki diminta dapat mengantisipasi dan selalu menjaga keamanan khususnya terhadap penyebab kebakaran. Antisipasi diantaranya para pendaki hendaknya tidak membuang puntung rokok secara sembarangan saat melakukan pendakian ataupun saat masih berada di bawah. Pada musim kemarau sekarang ini, kawasan hutan di Merbabu sangat rawan terjadinya kebakaran.

Demikian ditegaskan Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Kapten Inf Jaswadi kepada Harsem, kemarin. Bahkan, beberapa pihak terkait seperti Koramil, Polsek Getasan, Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Getasan maupun Badan Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) telah bersepakat untuk bersama-sama mengantisipasi kebakaran gunung.

“Saya meminta agar para pendaki harus tetap melakukan izin pendakian agar dapat dilakukan pantauan dengan baik. Bahkan, jangan sampai seenaknya sendiri membuang puntung rokok di areal hutan pendakian. Hal ini karena wilayah itu rawan kebakaran. Jika memang membuang puntung rokok hendaknya dicek apakah sudah mati atau belum,” terang Jaswadi.

Menurutnya, pihak BTNGM jika telah menerima surat dari calon pendaki agar langsung menyampaikannya kepada Koramil dan Polsek Getasan. Pemantauan para pendaki telah kami tugaskan kepada para anggota Babinsa yang mengerti seluk beluk wilayahnya, tidak terkecuali waktunya, entah siang ataupun malam hari. (hes/rif)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]