Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Anggota KPU Kabupaten/Kota Dilantik

DILANTIK: Suasana pelantikan para anggota KPU kota/kabupaten se-Jawa Tengah, kemarin.
ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota seluruh Provinsi Jawa Tengah kemarin dilantik di Kantor KPU Provinsi, Kamis kemarin. Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah yang dilantik sebanyak 7 orang, dan masing-masing kabupaten/kota di Jateng juga 7 orang, sehingga jumlah keseluruhan 155 orang.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh anggota komisi pemilihan umum, antara lain memahami makna dan tahapan pemilu, tahap subtansi, tahap metodologi, dan tahap reaksi sesuai Undang-undang No 8 Tahun 2012 tentang Pemilu. Kedua, anggota komisi pemilihan umum segera identifikasi diri sebagai penyelenggara pemilu, dan ketiga memahami visi dan misi pemilu untuk dijadikan acuan kerja sebagai input yang baik.

Tantangan penyelenggaraan pemilihan umum pada Pemilu 2014 semakin berat. Karena itu bagi anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah yang sudah dilantik, diharapkan memahami peraturan perundangan penyelenggaraan pemilu, memiliki integritas dan tidak korup.
Saat ini masyarakat dan LSM sudah cerdas dalam koreksi masalah pemilu. Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara pemilu harus benar-benar memahami aturan.

“Penyelenggara pemilu yang dihasilkan adalah orang-orang yang dipercaya dan terpercaya, karena pemilu merupakan kegiatan yang kompleks. Dua minggu waktu KPU Provinsi Jawa Tengah untuk selesaikan masalah DPT. Mulai besok snggota KPU harus mengumpulkan panitia kecamatan untuk menyelesaikan masalah DPT,“ katanya.

Agenda yang belum diselesaikan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah adalah menyelesaikan 157 ribu kasus DPT bermasalah, disamping persoalan pencermatan DPT. Saat ini KPU Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara pemilu juga dituntut dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih.

"Kita bisa melihat dari penyelenggaraan pemilu bupati, dan gubernur, angka partisipasi kita hanya sekitar 60 persen, padahal KPU pusat menargetkan sekurang-kurangnya angka partisipasi mencapai 75 persen,“ ucap Joko.

Salah seorang calon anggota KPU Kabupaten Rembang, Muhammad Salam yang ditemui sebelum pelantikan kepada wartawan mengatakan, setelah pelantikan seluruh anggota KPU kabupaten/kota akan mendapat pembekalan dari KPU Provinsi selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 27 hingga 29 Oktober mendatang.

“Tugas berat telah me¬nanti, yakni pemutakhiran data pe¬milih untuk Pemilu 2014. Kita semua harus mengawal sampai tuntas daftar pemilih sementara, hingga ditetapkan nanti menjadi daftar pemilih tetap pada tanggal 4 November 2013,” ujarnya. (Zak/sae).


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]