Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Dua Kapal Dregger untuk Pemeliharaan BKB *10 November Masa Konstruksi Selesai

ALAT BERAT : Salah satu unit kapal dredger berukuran besar disiapkan di kantor lapangan Sampangan untuk digunakan sebagai alat operasional dan pemeliharaan Sungai Banjir Kanal Barat.
MASA konstruksi pekerjaan normalisasi Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) direncanakan selesai pada 10 November mendatang. Hingga kemarin, normalisasi sungai ini masih menyisakan pekerjaan revetment atau perkuatan tebing sungai di RW 8 Ngemplak Simongan dan pembuatan bronjong di Kali Cengkek, Kelud, Sampangan.
 
PPK Sungai BKB, AH Subarda mengatakan, secara keseluruhan, progres masa konstruksi normalisasi BKB sudah mencapai 98% dan sisanya harus selesai pada 10 November mendatang. ''Sesuai dengan kontrak kerja, seluruh pekerjaan harus selesai pada 10 November dan setelah itu diserahkan terimakan oleh penyedia jasa konstruksi ke dinas PU,'' kata Subarda, Kamis (31/10) sore.
 
Terkait adanya sedimentasi yang mulai terlihat lagi di daerah Kokrosono, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana sudah mempersiapkan dua unit kapal dredger berukuran besar dan kecil untuk mengeruk endapan lumpur tersebut. ''Di kantor Sampangan sudah disiapkan dua unit kapal dredger dan beberapa alat berat untuk kegiatan operasi serta pemeliharaan sungai BKB secara berkala. Kapal dredger yang kecil ini digunakan untuk menjangkau daerah yang sempit,'' katanya.
 
Menurut dia, normalisasi dan perubahan wajah sungai BKB yang sudah ditata dengan baik tersebut ditujukan untuk merubah persepsi masyarakat tentang sungai. ''Adanya fasilitas jogging track, panggung terbuka, selter, dan lampu penerang merupakan salah satu upaya kami untuk merubah persepsi masyarakat secara perlahan. Kami ingin masyarakat datang ke sungai bukan untuk membuang sampah tetapi untuk rekreasi dan menikmati pemandangan,'' ujar Subarda.
 
Meskipun demikian, Subarda mengakui bahwa masih ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai. ''Perilaku ini yang ingin kami ubah secara perlahan. Baik melalui pendekatan ataupun sosialisasi kepada masyarakat,'' katanya. (SMNetwork/J12-sae)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]