Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Terapkan Koordinasi, Kurangi Angka Kriminalitas


AKBP R Setijo Nugroho HHP (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
Demak-Angka kriminalitas di Kabupaten Demak, Jawa Tengah berhasil menurun. Hal ini terungkap, akibat pola koordinasi secara intens yang dilakukan pihak kepolisian bersama masyarakat dna instansi samping.   

Angka kriminalitas di Demak pada tahun 2013 mencapai 529, jumlah tersebut mengalami penurunan 18,7 persen, dibanding tingkat criminal tahun 2012 mencapai 651 peristiwa.

“Hal ini terjadi karena pola koordinasinya yang kami terapkan dengan masyarakat dan instansi, samping berhasil,” ungkap Kapolres Demak, AKBP R Setijo Nugroho HHP, Senin (30/12).  

Sekaligus menerapkan pola pembinaan dan operasional, terbagi sesuai dengan tingkat peristiwa. Penanganan pembinaan, operasional dan koordinasi, diberlakukan sesuai dengan even yang ada.

Peristiwa bersifat lokal dan nasional akan diberlakukan secara berbeda, sehingga upaya antisipasi keamanan dapat dilakukan secara optimal. Seperti menghadapi lebaran atau hari-hari besar, berbeda penanganannya dengan kegiatan lokal.

Penerapan koordinasi, sekaligus dilakukan oleh para Kepala Bagian dan Kepala Satuan yang dilakukan dalam pembinaan di polsek-polsek wilayah Polres Demak.

Selain angka kriminalitas, pihaknya berhasil penyidik tuju kasus korupsi, namun baru dua kasus terpai P21, sesuai dengan target dari Polda Jateng. Pemeriksaan kasus korupsi terkait fakta hokum, dan penghitungan kerugiaan negara harus tepat.

Ikut memantau bencana banjir di wilayah Kecamatan Mijen atau Karanganyar, Polres sekaligus
menerapkan pemantau terhadap Bangunan Pengendali Banjir Wilalung Lama (BPBWL) di Desa Kalirejo Kecamatan Undaan, Kudus yang berbatas dengan Kecamatan Karanganyar, sehingga banjir dapat diwaspadai.

Sekaligus membuat Posko bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak serta instansi lain. Dalam safari jumatan Kamtibmas pun disampaikan pentingnya menjaga kamtibmas dan kewaspadaan terhadap bencana alam. (swi)

KEJADIAN DAN KEJAHATAN
Kejadian dan kejahatan
Tahun 2012
Tahun 2013
Keterangan
Kriminalitas
651
529
Turun 18,7 %
Tipiring
136
227
Naik 66,9 %
Keamanan ketertiban
72
63
Turun 11,1 %
Bencana
2
1
Turun  50 %
Penyelesaian kejahatan
246
335
Naik 36,17 %
Pencurian pemberatan
52
50
Turun 3,8 %
Pencurian kekerasan
12
17
Naik 41 %
Curanmor
46
52
Naik 13 %
Narkoba
11
11
Tetap
Penganiayaan berat
40
15
Turun 62%
Pemerkosaan
2
3
Naik 50 %
Pembunuhan
3
1
Turun 60 %
Uang Palsu
1
0
Turun 100 %
Penipuan
86
56
Turun 34 %
   (Sumber : Polres Demak)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]