Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bahaya Sleep Apnea dan Bagaimana Mencegahnya Sejak Usia Dini


Pemahaman masyarakat Indonesia terhadap sleep apnea masih sangat rendah padahal gangguan pernapasan ini dapat menimbulkan berbagai dampak serius. Cara sederhana sejak dini bisa mencegah terjadinya gangguan sleep apnea. 

Jakarta, - Mendengkur ketika sedang tidur seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang, terutama di Indonesia. Padahal mendengkur bisa jadi tanda bahwa anda mengalami gangguan sleep apnea, yaitu tersumbatnya pasokan oksigen, biasanya dalam beberapa detik dan berulang kali, ke dalam otak dan seluruh tubuh.

Sleep apnea pada umumnya terjadi karena relaksasi dan penyempitan berlebihan pada jaringan lunak dan otot-otot tenggorokan bagian atas sehingga pangkal lidah jatuh dan menyumbat saluran pernapasan.

Ketika aliran oksigen tidak memadai, otak akan membangunkan anda sehingga saluran pernapasan terbuka kembali. Ketika hal tersebut terjadi, “Penderita sleep apnea biasanya terbangun setengah sadar ketika sedang tidur,” ujar drg. Cut Yulian F Barley, Staf Kedokteran Gigi Militer di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Ladokgi TNI AL R.E. Martadinata.

Tidak ada angka resmi berapa penderita sleep apnea di Indonesia. Namun sebagai gambaran, menurut The Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, sleep apnea diidap oleh lebih dari       20 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Dan karena kebanyakan penderita sleep apnea tidak menyadari gangguan pernapasan yang mereka alami, peran anggota keluarga, seperti suami atau istri, menjadi sangat penting bagi proses penyembuhan sleep apnea.
  
Lebih lanjut, drg. Cut mengatakan bahwa banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menderita sleep apnea, mulai dari kelebihan berat badan, usia di atas 40 tahun, ukuran leher yang cenderung besar, mengidap alergi, memiliki bentuk rahang kecil, gangguan sinus hingga faktor genetis. Secara keseluruhan, pria memiliki resiko lebih besar dibanding wanita.

Tidak selamanya orang yang mendengkur pasti menderita sleep apnea. Namun apabila suara yang ditimbulkan oleh dengkuran dirasa cukup keras maka tidak ada salahnya untuk segera menemui dokter anda. “Gangguan sleep apnea punya banyak konsekuensi, seperti rendahnya kualitas tidur, sering mengantuk di siang hari, tubuh lemas, sakit kepala ketika bangun tidur, konsentrasi berkurang serta emosi tidak stabil,” ujar drg. Cut.
Dari tahun ke tahun, semakin banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyuarakan pentingnya meningkatkan kesadaran terhadap gangguan sleep apnea karena dampaknya yang serius terhadap tubuh. Secara jangka panjang, sleep apnea dapat meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai gangguan penyakit serius, seperti: tekanan darah tinggi, aritmia (detak jantung tidak normal), stroke, diabetes dan lainnya.

Gangguan sleep apnea di usia dewasa sebetulnya dapat dicegah sejak usia dini, dimana peran orangtua, terutama ibu, menjadi kunci. “Perkembangan saluran pernapasan dimulai saat bayi dilahirkan hingga ia berusia 18 bulan. Sehingga periode ini merupakan waktu terbaik untuk mencegah terjadinya gangguan sleep apnea di kemudian hari,” drg. Cut menjelaskan.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan oleh seorang ibu adalah dengan melakukan proses pemberian ASI, atau menyusui, minimal hingga bayi berusia 18 bulan. Menyusui, menurut drg. Cut, dapat memberikan stimulasi perkembangan lidah saat menelan, membentuk susunan gigi – geligi yang teratur serta dapat merangsang pembentukan palatum – langit-langit mulut – keras yang sempurna.

Di lain sisi, penggunaan dot dan botol susu dapat membuat palatum menjadi tinggi dan lengkungnya menjadi sempit, karakteristik yang merupakan pemicu terjadinya sleep apnea. 

“Jadi, pikirkan dengan matang keuntungan menyusui dibandingkan dengan penggunaan botol susu. Batasi penggunaan dot dan kontrol kebiasaan menghisap ibu jari pada anak,” tutup drg. Cut.
_____________________

Hubungi: Cut Yulian F. Barley, Departemen Kedokteran Gigi Militer
Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Ladokgi TNI AL R.E. Martadinata
Telp. 021-5733026  cut.yulian@gmail.com

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous